Tips Merawat Baterai Laptop Agar Tidak Cepat Drop


images

Hai Agan dan aganwati ๐Ÿ˜€

sekarang ane mau share tentang gimana caranya merawat baterai laptop agar tidak cepat drop nih…ย  ๐Ÿ˜€

langsung aja ya.. ๐Ÿ˜€

  • Tips yang pertama

Jangan biasakan menggunakan laptop (baterai terpasang) sambil dicharge . (Ntar kalo udah pull terus lupa nyabut colokannya gimanee gan ๐Ÿ˜€ Mbledug kali ya bisa-bisa hehehe)

  • Tips yang kedua

Jangan biasakan menggunakan laptop atau notebook sampai baterai benar-benar habis. Biasanya nih gan, kita-kita nih pada lupa sama indikator baterai di pojok sebelah kanan bawah yang semakin sekarat dan hampir modar gara-gara kitanya terlalu asik sama kerjaan, games, internetan, nonton dan lain-lain lah apapun itu. padahal yang kaya gini nih yang paling sering bikin kinerja baterai dan kualitasnya perlahan mulai menurun Gan. So, jangan biasain pake laptop sampe baterainya abis ye,,, Pan kasian hehe ๐Ÿ˜€

  • Tips yang ketiga

Jangan terlalu sering copot-pasang baterai laptop ente ya Gan :D. BUAHAYA…!!! hehe. Buahaya di kantong entar ujung-ujungnya si hehe (kudu beli baterai baruu). Nah buat yang satu ini nih sebenernya si sepele, cuma bongkar-pasang baterai doang. Eittss, tapi jangan salah! Kebiasaan ente bongkar-pasang baterai kaya gitu bisa berakibat fatal pada akhirnya buat kesehatan baterai ente Gans, malah bisa menyebabkan kematian!!! (PARAHH).

  • Tips yang keempat

Jangan charge laptop ente sambil ente pake!!! Huaaaaaaa !! ini yang paling sering ane temuin di lapangan nih pas ane melakukan sebuah penelitian tentang baterai laptop yang sering drop di Arab (kapan ke sononye ye???). Biasanya kita nih takut kalo tiba-tiba baterai laptop kita semakin menipis presentasinya kan? jadinya diakalin sambil “dicolokin” biar terus joss kinerja baterainya kan??? NGAKUUUU!!!. Nah padahal yang kaya gini ini nih yang PALING bikin nyawa baterai laptop kita semakin berkurang (DROP). Kalo diibaratin sama manusia mah gini “Kita kan manusia, terus disuruhh makan teruuss sambil pup” kan kasian. Nah kita kaga jauh beda nih sama baterai. So, tetap perhatikan kesehatan baterai laptop ente.!

  • Tips Kelima

Dari tips-tips di atas tadi tuh Gan, kalo baterai laptop ente ternyata masiiihhh aja down, drop, KO atau apaaapun lah istilahnya itu, saran Ane sih Gan cuma satu buat mengatasi masalah itu. mau tau? yaps tepat! GANTI BATERAI BARU!!! bisa dibayangain tuh berapa banyak pundi-pundi rupiah yang harus kita keluarin buat beli tuh baterai. mending buat yang laen-laen ya Gan ? hehe makanya yukk kita awet-awet baterai laptop kita biar kaga cepet drop ๐Ÿ˜€

sekian dulu Okeh… ๐Ÿ˜€

BG.

Iklan

Kata-kata Bijak Tentang Cinta, Persahabatan, dan Kehidupan (Update 2013)


Agan-agan dan Aganatun yang ane hormati,.. tentu dalam sebuah kehidupa tak lepas dari naik turunnya permasalahan kehidupan kita. Senang, susah., sudah menjadi hukum alam yang mau nda mau harus kita hadapi. Maka di samping itu banyak para Motivator yang berkenan memberikan motivasinya kala kita sedang menghadapi problema kehupan, percintaan yang membuat kita down. Nah, disini Ane mau nyoba share tentang kata-kata bijak yang ane dapet dari temen2 blogger ane nih… mudah-mudahan bermanfaat yaa.. ๐Ÿ™‚ ..

Kata Mutiara Bijakย 

Jangan pernah iri dengan apa yg orang lain miliki. Setiap orang punya masalahnya sendiri. Bersyukurlah untuk hidup ini.

Jika jalan hidupmu redup atau gelap maka buatlah cahayamu sendiri dan terangi jalanmu, jangan menunggu orang lain terangi jalanmu.

Segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Meski kadang kamu tak mengerti alasannya, tapi dia selalu memberimu sebuah pelajaran.

Belajarlah untuk berpikir besar, tapi berlatihlah juga untuk bahagia dengan hal-hal kecil.

Lakukanlah suatu karena itu memang baik untuk dilakukan, bukan karena apa yang akan kamu dapatkan.

Berhati-hatilah dalam berkata, karena setiap kata bisa berbeda makna dan pemahaman jika dikatakan pada kondisi yang berbeda pula.

Hal yang paling sulit adalah mengalahkan diri sendiri. Tapi itu bisa kamu mulai dengan memaafkan diri sendiri.

Jangan pernah merasa dirimu tak cukup baik, karena bagi seseorang, kamu adalah yg terbaik.

Banyak orang gagal karena terlalu percaya kepada sukses usahanya yang pertama

Ketika seseorang mengatakan hal yang buruk padamu. Sesungguhnya dia sedang menunjukkan bahwa dia tidak lebih baik darimu.

Jangan membandingkan dirimu dengan orang lain. Iri hati hanya membuat jiwamu gelisah. Jadi diri sendiri.

Saat ingin melakukan hal yang baik, berarti dan bermanfaat maka lakukanlah, jangan menunggu keraguan atau kesempatanmu menghilang

Tuhan, ubahlah mereka yang merendahkan kami menjadi orang yang membutuhkan kami. Amin

Wajah tampan itu hanyalah kulit wajah yang kebetulan bagus di masa muda. Mapan lebih menarik daripada tampan. Mario Teguh

Jangan membalas mereka yg membencimu. Tersenyum dan berbahagialah di depan mereka, tak ada yg lebih menyakiti mereka daripada itu.

Anda tidak bisa berharapan baik tentang masa depan, jika yang Anda lakukan bukan hal-hal yang berguna. Mario Teguh

Kata Mutiara Cinta

โ€œCinta bukanlah kata murah dan lumrah dituturkan dari mulut kemulut tetapi cinta adalah anugerah Tuhan yang indah dan suci jika manusia dapat menilai kesuciannya.โ€

Carilah yang terbaik yang bisa kamu dapatkan, sekalipun jika itu berarti kamu harus mencarinya dari yang terburuk.

Cinta tak mungkin berkembang jika salah satu atau keduanya tak benar-benar tulus dari hatinya dalam mencintai

โ€œPerasaan cinta itu dimulai dari mata, sedangkan rasa suka dimulai dari telinga. Jadi, jika kamu mau berhenti menyukai seseorang, cukup dengan menutup telinga. Tapi apabila kamu coba menutup matamu dari orang yang kamu cintai, cinta itu berubah menjadi titisan air mata dan terus tinggal di hatimu dalam jarak waktu yang cukup lama.โ€

Tak ada salahnya menunggu, namun akan jauh lebih berarti waktumu jika digunakan untuk melakukan hal yang berarti sambil menunggu.

โ€œKamu tidak akan pernah tahu bila kamu akan jatuh cinta. Namun apabila sampai saatnya itu, raihlah dengan kedua tanganmu dan jangan biarkan dia pergi dengan sejuta rasa tanda tanya dihatinya.โ€

Meski harapanmu belum terwujud bukan berarti kamu tak layak. Positif dan yakinlah kamu akan dapatkan yang terbaik.

โ€œSeandainya kamu dapat berbicara dalam semua bahasa manusia dan alam, tetapi tidak mempunyai perasaan cinta dan kasih, dirimu tak ubah seperti gong yang bergaung atau sekedar canang yang gemericing.โ€

Jangan membuang-buang waktumu tuk pria yang tidak jelas tujuan hidupnya!

โ€œAku bagaikan lilin yang telah meleleh saat kau panaskan api-api cinta di hidupku, namun aku akan menjadi dingin saat api-api itu akan padam dengan tiupan cintamuโ€

Cintamu bukanlah hanya untuk memiliki, tapi lebih untuk dimiliki seutuhnya selamanya. ~ Mario Teguh

โ€œCinta datang kepada orang yang masih mempunyai harapan, walaupun mereka telah dikecewakan. Kepada mereka yang masih percaya, walaupun mereka telah dikhianati. Kepada mereka yang masih ingin mencintai, walaupun mereka telah disakiti sebelumnya dan Kepada mereka yang mempunyai keberanian dan keyakinan untuk membangunkan kembali kepercayaan.โ€

โ€œCintailah seseorang itu atas dasar siapa dia sekarang dan bukan siapa dia sebelumnya. Kisah silam tidak perlu diungkit lagi, kiranya kamu benar-benar mencintainya setulus hatiโ€

Kata Mutiara Persahabatan

Sahabat bukan mereka yang menghampirimu ketika butuh, namun mereka yg tetap bersamamu ketika seluruh dunia menjauh.

Persahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnya.

โ€œSemua orang pasti membutuhkan sahabat sejati, namun tidak semua orang berhasil mendapatkannya. Banyak pula orang yang telah menikmati indahnya persahabatan, namun ada juga yang begitu hancur karena dikhianati sahabatnyaโ€

Tak ada yang sempurna, sahabatpun pernah berbuat salah, tapi kamu selalu temukan sebuah alasan tuk maafkan mereka.

โ€œSahabat yang baik adalah orang yang sangat kita percayai dan membuat kita tenang bersamanya. Dia menjadi tempat berbagi kelelahan, berbagi kesedihan dan tidak pernah menjual rahasia diri kitaโ€

Siapa yang ingin bersama kamu pada saat tiada satupun yang dapat kamu berikan??. Merekalah sahabat-sahabat kamu.

โ€œJangan hianati dia! karena dialah yang selalu ada sebagai penggantimu, karena dia sahabatmu!โ€

Mempunyai satu sahabat sejati lebih berharga dari pada seribu teman yang mementingkan diri sendiri.
Dalam masa kejayaan, teman-teman mengenal kita. Dalam kesengsaraan, kita mengenal teman-teman kita. Ingatlah kapan terakhir kali kamu berada dalam kesulitan. Siapa yang berada di samping kamu??. Siapa yang mengasihi kamu saat kamu merasa tidak dicintai.

โ€œPersahabatan tidak terjalin secara otomatis tetapi membutuhkan proses yang panjang seperti besi menajamkan besi, demikianlah sahabat menajamkan sahabatnyaโ€

โ€œSahabat terbaik adalah dia yang dapat duduk berayun-ayun di beranda bersamamu, tanpa mengucapkan sepatah katapun, dan kemudian kamu meninggalkannya dengan perasaan telah bercakap-cakap lama dengannyaโ€

โ€œPersahabatan diwarnai dengan berbagai pengalaman suka dan duka, dihibur-disakiti, diperhatikan-dikecewakan, didengar-diabaikan, dibantu-ditolak, namun semua ini tidak pernah sengaja dilakukan dengan tujuan kebencianโ€

โ€œTiada yang lebih indah daripada kasih seorang sahabat, sahabat menaruh kasih di setiap waktu selalu ada dalam setiap kesukaranโ€

Kata Mutiara Kehidupan

Jangan mengeluhkan hal-hal buruk yg datang dalam hidupmu. Tuhan tak pernah memberikannya, kamulah yg membiarkannya dating.

Jangan takut untuk mengambil satu langkah besar bila memangg itu diperlukan, anda takkan bisa meloncati sebuah jurang, dengan dua lompatan kecil

Dalam hidup, kamu berhak bahagia. Oleh karena itu, jangan biarkan bahagiamu ditentukan orang lain. Bahagia harus ada dlm dirimu.

Jangan berpikir “percuma” ketika mau atau sedang melakukan sesuatu, ingatlah kemampuan tak akan berkembang tanpa berusaha

Belajar dan berusahalah selagi mampu, jika tidak hanya akan tersisa penyesalan yang tak akan memberikan apappun untukmu

Hidup ini penuh warna,kitalah yang harus berusaha mengisi tuk hidup penuh warna cerah.

berlarilah sekencang mungkin,realisasikan lah target yg telah dicanangkan untuk hidup yg lebih baik.

Hidup berakhir saat kamu berhenti bermimpi. Harapan hilang saat kamu berhenti percaya. Dan cinta gagal saat kamu berhenti peduli.

Usaha yang kamu lakukan tak akan sia-sia sampai kamu menyerah dan berhenti menjalaninya

Tuhan,berkatilah pekerjaanku,tinggikanlah kedudukanku,besarkanlah rezekiku,dan harumkanlah namaku.

Kita melupakan mimpi kita karena takut gagal dalam meraihnya atau bahkan yang terburuk kita takut karena akan berhasil meraihnya

Kamu mungkin belum sehebat harapanmu, namun kamu tidaklah selemah yang kamu pikirkan

Tak masalah jika melakukan kesalahan, namun jangan sampai hal itu menjadi alasan untuk terus melakukan kesalahan berulang ulang.

Setiap orang terlahir dengan kelebihan masing-masing, dan tugasmu adalah mencari kelebihanmu itu dan mengembangkannya.

Kata Mutiara


1. ู…ูŽู†ู’ ุณูŽุงุฑูŽ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ุฏูŽู‘ุฑู’ุจู ูˆูŽุตูŽู„ูŽ
1. Barang siapa berjalan pada jalannya sampailah ia

2. ู…ูŽู†ู’ ุฌูŽุฏูŽู‘ ูˆูŽุฌูŽุฏูŽ
2. Barang siapa bersungguh-sungguh, dapatlah ia.
3. ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุจูŽุฑูŽ ุธูŽููุฑูŽ
3. Barang siapa sabar beruntunglah ia.
4. ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽู„ูŽู‘ ุตูุฏู’ู‚ูู‡ู ู‚ูŽู„ูŽู‘ ุตูŽุฏููŠู’ู‚ูู‡ู
4. Barang siapa sedikit benarnya/kejujurannya, sedikit pulalah temannya.
5. ุฌูŽุงู„ูุณู’ ุฃูŽู‡ู’ู„ูŽ ุงู„ุตูู‘ุฏู’ู‚ู ูˆูŽุงู„ูˆูŽููŽุงุกู
5. Pergaulilah orang yang jujur dan menepati janji.
6. ู…ูŽูˆูŽุฏูŽู‘ุฉู ุงู„ุตูŽู‘ุฏููŠู’ู‚ู ุชูŽุธู’ู‡ูŽุฑู ูˆูŽู‚ู’ุชูŽ ุงู„ุถูู‘ูŠู’ู‚ู
6. Kecintaan/ketulusan teman itu, akan tampak pada waktu kesempitan.
7. ูˆูŽู…ูŽุงุงู„ู„ูŽู‘ุฐูŽู‘ุฉู ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูŽุนู’ุฏูŽ ุงู„ุชูŽู‘ุนูŽุจู
7. Tidak kenikmatan kecuali setelah kepayahan.
8. ุงู„ุตูŽู‘ุจู’ุฑู ูŠูุนููŠู’ู†ู ุนูŽู„ู‰ูŽ ูƒูู„ูู‘ ุนูŽู…ูŽู„ู
8. Kesabaran itu menolong segala pekerjaan.
9. ุฌูŽุฑูู‘ุจู’ ูˆูŽู„ุงูŽุญูุธู’ ุชูŽูƒูู†ู’ ุนูŽุงุฑููู‹ุง
9. Cobalah dan perhatikanlah, niscaya kau jadi orang yang tahu.
10. ุงูุทู’ู„ูุจู ุงู„ุนูู„ู’ู…ูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู…ูŽู‡ู’ุฏู ุฅูู„ู‰ูŽ ุงู„ู„ูŽู‘ุญู’ุฏู
10. Tuntutlah ilmu sejak dari buaian hingga liang kubur.
11. ุจูŽูŠู’ุถูŽุฉู ุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฏูŽุฌูŽุงุฌูŽุฉู ุงู„ุบูŽุฏู
11. Telur hari ini lebih baik daripada ayam esok hari.
12. ุงู„ูˆูŽู‚ู’ุชู ุฃูŽุซู’ู…ูŽู†ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฐูŽู‘ู‡ูŽุจู
12. Waktu itu lebih mahal daripada emas.
13. ุงู„ุนูŽู‚ู’ู„ู ุงู„ุณูŽู‘ู„ููŠู’ู…ู ููŠู ุงู„ุฌูุณูู’ู… ุงู„ุณูŽู‘ู„ููŠู’ู…ู
13. Akal yang sehat itu terletak pada badan yang sehat.
14. ุฎูŽูŠู’ุฑู ุฌูŽู„ููŠู’ุณู ููŠู ุงู„ุฒูŽู‘ู…ูŽุงู†ู ูƒูุชูŽุงุจูŒ
14. Sebaik-baik teman duduk pada setiap waktu adalah buku.
15. ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุฒู’ุฑูŽุนู’ ูŠูŽุญู’ุตูุฏู’
15. Barang siapa menanam pasti akan memetik (mengetam).
16. ุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ุฃูŽุตู’ุญูŽุงุจู ู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุฏูู„ูู‘ูƒูŽ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ุฎูŽูŠู’ุฑู
16. Sebaik-baik teman itu ialah yang menunjukkan kamu kepada kebaikan.
17. ู„ูŽูˆู’ู„ุงูŽ ุงู„ุนูู„ู’ู…ู ู„ูŽูƒูŽุงู†ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ูƒูŽุงู„ุจูŽู‡ูŽุงุฆูู…ู
17. Seandainya tiada berilmu niscaya manusia itu seperti binatang.
18. ุงู„ุนูู„ู’ู…ู ููŠู ุงู„ุตูู‘ุบูŽุฑู ูƒูŽุงู„ู†ูŽู‘ู‚ู’ุดู ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ุญูŽุฌูŽุฑู
18. Ilmu pengetahuan diwaktu kecil itu, bagaikan ukiran di atas batu.
19. ู„ูŽู†ู’ ุชูŽุฑู’ุฌูุนูŽ ุงู„ุฃูŽูŠุงูŽู‘ู…ู ุงู„ูŽู‘ุชูŠู ู…ูŽุถูŽุชู’
19. Tidak akan kembali hari-hari yang telah berlalu.
20. ุชูŽุนูŽู„ูŽู‘ู…ูŽู†ู’ ุตูŽุบููŠู’ุฑู‹ุง ูˆูŽุงุนู’ู…ูŽู„ู’ ุจูู‡ู ูƒูŽุจููŠู’ุฑู‹ุง
20. Belajarlah di waktu kecil dan amalkanlah di waktu besar.
21. ุงู„ุนูู„ู’ู…ู ุจูู„ุงูŽ ุนูŽู…ูŽู„ู ูƒูŽุงู„ุดูŽู‘ุฌูŽุฑู ุจูู„ุงูŽ ุซูŽู…ูŽุฑ
21. Ilmu tiada amalan bagaikan pohon tidak berbuah.
22. ุงู„ุงุชูู‘ุญูŽุงุฏู ุฃูŽุณูŽุงุณู ุงู„ู†ูŽู‘ุฌูŽุงุญู
22. Bersatu adalah pangkal keberhasilan.
23. ู„ุงูŽ ุชูŽุญู’ุชูŽู‚ูุฑู’ ู…ูุณู’ูƒููŠู’ู†ู‹ุง ูˆูŽูƒูู†ู’ ู„ูŽู‡ู ู…ูุนููŠู’ู†ุงู‹
23. Jangan engkau menghina orang miskin bahkan jadilah penolong baginya.
24. ุงู„ุดูŽู‘ุฑูŽูู ุจูุงู„ุฃูŽุฏูŽุจู ู„ุงูŽ ุจูุงู„ู†ูŽู‘ุณูŽุจู
24. Kemuliaan itu dengan adab kesopanan, (budi pekerti) bukan dengan keturunan.
25. ุณูŽู„ุงูŽู…ูŽุฉู ุงู„ุฅูู†ู’ุณูŽุงู†ู ููŠู ุญููู’ุธู ุงู„ู„ูู‘ุณูŽุงู†ู
25. Keselamatan manusia itu dalam menjaga lidahnya (perkataannya).
26. ุขุฏูŽุงุจู ุงู„ู…ูŽุฑู’ุกู ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุฐูŽู‡ูŽุจูู‡ู
26. Adab seseorang itu lebih baik (lebih berharga) daripada emasnya.
27. ุณููˆู’ุกู ุงู„ุฎูู„ูู‚ู ูŠูุนู’ุฏููŠ
27. Kerusakan budi pekerti/akhlaq itu menular.
28. ุขููŽุฉู ุงู„ุนูู„ู’ู…ู ุงู„ู†ูู‘ุณู’ูŠุงูŽู†ู
28. Bencana ilmu itu adalah lupa.
29. ุฅูุฐูŽุง ุตูŽุฏูŽู‚ูŽ ุงู„ุนูŽุฒู’ู…ู ูˆูŽุถูŽุญูŽ ุงู„ุณูŽู‘ุจููŠู’ู„ู
29. Jika benar kemauannya niscaya terbukalah jalannya.
30. ู„ุงูŽ ุชูŽุญู’ุชูŽู‚ูุฑู’ ู…ูŽู†ู’ ุฏููˆู’ู†ูŽูƒูŽ ููŽู„ููƒูู„ูู‘ ุดูŽูŠู’ุฆู ู…ูŽุฒููŠูŽู‘ุฉูŒ
30. Jangan menghina seseorang yang lebih rendah daripada kamu, karena segala sesuatu itu mempunyai kelebihan.
31. ุฃูŽุตู’ู„ูุญู’ ู†ูŽูู’ุณูŽูƒูŽ ูŠูŽุตู’ู„ูุญู’ ู„ูŽูƒูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู
31. Perbaikilah dirimu sendiri, niscaya orang-orang lain akan baik padamu.
32. ููŽูƒูู‘ุฑู’ ู‚ูŽุจู’ู„ูŽ ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ุฒูู…ูŽ
32. Berpikirlah dahulu sebelum kamu berkemauan (merencanakan).
33. ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุฑูŽููŽ ุจูุนู’ุฏูŽ ุงู„ุณูŽู‘ููŽุฑู ุงูุณู’ุชูŽุนูŽุฏูŽู‘
33. Barang siapa tahu jauhnya perjalanan, bersiap-siaplah ia.
34. ู…ูŽู†ู’ ุญูŽููŽุฑูŽ ุญููู’ุฑูŽุฉู‹ ูˆูŽู‚ูŽุนูŽ ูููŠู’ู‡ูŽุง
34. Barang siapa menggali lobang, akan terperosoklah ia di dalamnya.
35. ุนูŽุฏููˆูŒู‘ ุนูŽุงู‚ูู„ูŒ ุฎูŽูŠู’ุฑูŒ ู…ูู†ู’ ุตูŽุฏููŠู’ู‚ู ุฌูŽุงู‡ูู„ู
35. Musuh yang pandai, lebih baik daripada
36. ู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุซูุฑูŽ ุฅูุญู’ุณูŽุงู†ูู‡ู ูƒูŽุซูุฑูŽ ุฅูุฎู’ูˆูŽุงู†ูู‡ู
36. Barang siapa banyak perbuatan baiknya, banyak pulalah temannya.
37. ุงูุฌู’ู‡ูŽุฏู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽูƒู’ุณูŽู„ู’ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽูƒู ุบูŽุงููู„ุงู‹ ููŽู†ูŽุฏูŽุงู…ูŽุฉู ุงู„ุนูู‚ู’ุจู‰ูŽ ู„ูู…ูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽูƒุงูŽุณูŽู„ู
37. Bersungguh-sungguhlah dan jangan bermala-malas dan jangan pula lengah, karena penyesalan itu bagi orang yang bermalas-malas.
38. ู„ุงูŽ ุชูุคูŽุฎูู‘ุฑู’ ุนูŽู…ูŽู„ูŽูƒูŽ ุฅูู„ู‰ูŽ ุงู„ุบูŽุฏู ู…ูŽุง ุชูŽู‚ู’ุฏูุฑู ุฃูŽู†ู’ ุชูŽุนู’ู…ูŽู„ูŽู‡ู ุงู„ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ
38. Janganlah mengakhirkan pekerjaanmu hingga esok hari, yang kamu dapat mengejakannya hari ini.
39. ุงูุชู’ุฑููƒู ุงู„ุดูŽู‘ุฑูŽู‘ ูŠูŽุชู’ุฑููƒู’ูƒูŽ
39. Tinggalkanlah kejahatan, niscaya ia (kejahatan itu) akan meninggalkanmu.
40. ุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณู ุฃูŽุญู’ุณูŽู†ูู‡ูู…ู’ ุฎูู„ูู‚ุงู‹ ูˆูŽุฃูŽู†ู’ููŽุนูู‡ูู…ู’ ู„ูู„ู†ูŽู‘ุงุณู
40. Sebaik-baik manusia itu, adalah yang terlebih baik budi pekertinya dan yang lebih bermanfaat bagi manusia.
41. ููŠู ุงู„ุชูŽู‘ุฃูŽู†ูู‘ูŠ ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ูŽุฉู ูˆูŽููŠู ุงู„ุนูŽุฌูŽู„ูŽุฉู ุงู„ู†ูŽู‘ุฏูŽุงู…ูŽุฉู
41. Di dalam hati-hati itu adanya keselamatan, dan di dalam tergesa-gesa itu adanya penyesalan.
42. ุซูŽู…ู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุชูŽู‘ูู’ุฑููŠู’ุทู ุงู„ู†ูŽู‘ุฏูŽุงู…ูŽุฉู ูˆูŽุซูŽู…ู’ุฑูŽุฉู ุงู„ุญูŽุฒู’ู…ู ุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ูŽุฉู
42. Buah sembrono/lengah itu penyesalan, dan buah cermat itu keselamatan.
43. ุงู„ุฑูู‘ูู’ู‚ู ุจูุงู„ุถูŽู‘ุนููŠู’ูู ู…ูู†ู’ ุฎูู„ูู‚ู ุงู„ุดูŽู‘ุฑููŠู’ูู
43. Berlemah lembut kepada orang yang lemah itu, adalah suatu perangai orang yang mulia (terhormat).
44. ููŽุฌูŽุฒูŽุงุกู ุณูŽูŠูู‘ุฆูŽุฉู ุณูŽูŠูู‘ุฆูŽุฉูŒ ู…ูุซู’ู„ูู‡ูŽุง
44. Pahala/imbalan suatu kejahatan itu adalah kejahatan yang sama dengannya.
45. ุชูŽุฑู’ูƒู ุงู„ุฌูŽูˆูŽุงุจู ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ุฌูŽุงู‡ูู„ู ุฌูŽูˆูŽุงุจูŒ
45. Tidak menjawab terhadap orang yang bodoh itu adalah jawabannya.
46. ู…ูŽู†ู’ ุนูŽุฐูุจูŽ ู„ูุณูŽุงู†ูู‡ู ูƒูŽุซูุฑูŽ ุฅูุฎู’ูˆูŽุงู†ูู‡ู
46. Barang siapa manir tutur katanya (perkataannya) banyaklah temannya.
47. ุฅูุฐูŽุง ุชูŽู…ูŽู‘ ุงู„ุนูŽู‚ู’ู„ู ู‚ูŽู„ูŽู‘ ุงู„ูƒูŽู„ุงูŽู…ู
47. Apabila akal seseorang telah sempurna maka sedikitlah bicaranya.
48. ู…ูŽู†ู’ ุทูŽู„ูŽุจูŽ ุฃูŽุฎู‹ุง ุจูู„ุงูŽ ุนูŽูŠู’ุจู ุจูŽู‚ููŠูŽ ุจูŽู„ุงูŽ ุฃูŽุฎู
48. Barang siapa mencari teman yang tidak bercela, maka ia akan tetap tidak mempunyai teman.
49. ู‚ูู„ู ุงู„ุญูŽู‚ูŽู‘ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ู…ูุฑู‹ู‘ุง
49. Katakanlah yang benar itu, walaupun pahit.
50. ุฎูŽูŠู’ุฑู ู…ูŽุงู„ููƒูŽ ู…ูŽุง ู†ูŽููŽุนูŽูƒูŽ
50. Sebaik-baik hartamu adalah yang bermanfaat bagimu.
51. ุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ุฃูู…ููˆู’ุฑู ุฃูŽูˆู’ุณูŽุงุทูู‡ูŽุง
51. Sebaik-baik perkara itu adalah pertengahanya (yang sedang saja).
52. ู„ููƒูู„ูู‘ ู…ูŽู‚ูŽุงู…ู ู…ูŽู‚ูŽุงู„ูŒ ูˆูŽู„ููƒูู„ูู‘ ู…ูŽู‚ูŽุงู„ู ู…ูŽู‚ูŽุงู…ูŒ
52. Tiap-tiap tempat ada kata-katanya yang tepat, dan pada setiap kata ada tempatnya yang tepat.

53. ุฅูุฐุงูŽ ู„ู…ูŽ ู’ ุชูŽุณู’ุชูŽุญู’ูŠู ููŽุงุตู’ู†ูŽุนู’ ู…ูŽุง ุดูุฆู’ุชูŽ
53. Apabila engkau tidak malu, maka berbuatlah sekehendakmu (apa yang engkau kehendaki).
54. ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ุนูŽูŠู’ุจู ู„ูู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ููŽู‚ููŠู’ุฑู‹ุง ุจูŽู„ู ุงู„ุนูŽูŠู’ุจู ู„ูู…ูŽู†ู’ ูƒูŽุงู†ูŽ ุจูŽุฎููŠู’ู„ุงู‹
54. Bukanlah cela itu bagi orang yang miskin, tapi cela itu terletak pada orang yang kikir.
55. ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ูŠูŽุชููŠู’ู…ู ุงู„ูŽู‘ุฐููŠ ู‚ูŽุฏู’ ู…ูŽุงุชูŽ ูˆูŽุงู„ูุฏูู‡ู ุจูŽู„ู ุงู„ูŠูŽุชููŠู’ู…ู ูŠูŽุชููŠู’ู…ู ุงู„ุนูู„ู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽุฏูŽุจู
55. Bukanlah anak yatim itu yang telah meninggal orang tuanya, tapi (sebenarnya) yatim itu adalah yatim ilmu dan budi pekerti.
56. ู„ููƒูู„ูู‘ ุนูŽู…ูŽู„ู ุซูŽูˆูŽุงุจูŒ ูˆูŽู„ููƒูู„ูู‘ ูƒูŽู„ุงูŽู…ู ุฌูŽูˆูŽุงุจูŒ
56. Setiap pekerjaan itu ada upahnya, dan setiap perkataan itu ada jawabannya.
57. ูˆูŽุนูŽุงู…ูู„ู ุงู„ู†ูŽู‘ุงุณูŽ ุจูู…ูŽุง ุชูุญูุจูู‘ ู…ูู†ู’ู‡ู ุฏูŽุงุฆูู…ุงู‹
57. Dan pergaulilah manusia itu dengan apa-apa yang engkau sukai daripada mereka semuanya.
58. ู‡ูŽู„ูŽูƒูŽ ุงู…ู’ุฑูุคูŒ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุนู’ุฑููู’ ู‚ูŽุฏู’ุฑูŽู‡ู
58. Hancurlah seseorang yang tidak tahu dirinya sendiri.
59. ุฑูŽุฃู’ุณู ุงู„ุฐูู‘ู†ููˆู’ุจู ุงู„ูƒูŽุฐูุจู
59.Pokok dosa itu, adalah kebohongan
60. ู…ูŽู†ู’ ุธูŽู„ูŽู…ูŽ ุธูู„ูู…ูŽ
60. Barang siapa menganiaya niscaya akan dianiaya.
61. ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงู„ู ุจูุฃูŽุซู’ูˆูŽุงุจู ุชูุฒูŽูŠูู‘ู†ูู†ูุง ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ุฌูŽู…ูŽุงู„ูŽ ุฌู…ูŽุงูŽู„ู ุงู„ุนูู„ู’ู…ู ูˆูŽุงู„ุฃูŽุฏูŽุจู
61. Bukanlah kecantikan itu dengan pakaian yang menghias kita, sesungguhnya kecantikan itu ialah kecantikan dengan ilmu dan kesopanan.
62. ู„ุงูŽ ุชูŽูƒูู†ู’ ุฑูŽุทู’ุจุงู‹ ููŽุชูุนู’ุตูŽุฑูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ูŠูŽุงุจูุณู‹ุง ููŽุชููƒูŽุณูŽู‘ุฑูŽ
62. Janganlah engkau bersikap lemah, sehingga kamu akan diperas, dan janganlah kamu bersikap keras, sehingga kamu akan dipatahkan.
63. ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุนุงูŽู†ูŽูƒูŽ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ุดูŽู‘ุฑูู‘ ุธูŽู„ูŽู…ูŽูƒูŽ
63. Barang siapa menolongmu dalam kejahatan maka ia telah menyiksamu.
64. ุฃูŽุฎููŠ ู„ูŽู†ู’ ุชูŽู†ูŽุงู„ูŽ ุงู„ุนูู„ู’ู…ูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุจูุณูุชูŽู‘ุฉู ุณูŽุฃูู†ู’ุจููŠู’ูƒูŽ ุนูŽู†ู’ ุชูŽูู’ุตููŠู’ู„ูู‡ูŽุง ุจูุจูŽูŠูŽุงู†ู: ุฐูŽูƒูŽุงุกูŒ ูˆูŽุญูุฑู’ุตูŒ ูˆูŽุงุฌู’ุชูู‡ูŽุงุฏูŒ ูˆูŽุฏูุฑู’ู‡ูŽู…ูŒ ูˆูŽุตูุญู’ุจูŽุฉู ุฃูุณู’ุชูŽุงุฐู ูˆูŽุทููˆู’ู„ู ุฒูŽู…ูŽุงู†ู
64. Saudaraku! Kamu tidak akan mendapatkan ilmu, kecuali dengan enam perkara, akan aku beritahukan perinciannya dengan jelas :
1). Kecerdasan
2). Kethomaโ€™an (terhadap ilmu)
3). Kesungguhan
4). Harta benda (bekal)
5). Mempergauli guru
6). Waktu yang panjang
65. ุงู„ุนูŽู…ูŽู„ู ูŠูŽุฌู’ุนูŽู„ู ุงู„ุตูŽู‘ุนู’ุจูŽ ุณูŽู‡ู’ู„ุงู‹
65. Bekerja itu membuat yang sukar menjadi mudah.
66. ู…ูŽู†ู’ ุชูŽุฃูŽู†ูŽู‘ู‰ ู†ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ุชูŽู…ูŽู†ูŽู‘ู‰
66. Barang siapa berhati-hati niscaya mendapatkan apa-apa yang ia cita-citakan.
67. ุงูุทู’ู„ูุจู ุงู„ุนูู„ู’ู…ูŽ ูˆูŽู„ูŽูˆู’ ุจูุงู„ุตูŽู‘ูŠู’ู†ู
67. Carilah/tuntutlah ilmu walaupun di negeri Cina.
68. ุงู„ู†ูŽู‘ุธูŽุงููŽุฉู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฅููŠู’ู…ูŽุงู†ู
68. Kebersihan itu sebagian dari iman.
69. ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุจูุฑูŽ ุงู„ู…ูŽุทู’ู„ููˆู’ุจู ู‚ูŽู„ูŽู‘ ุงู„ู…ูุณูŽุงุนูุฏู
69. Kalau besar permintaannya maka sedikitlah penolongnya.
70. ู„ุงูŽ ุฎูŽูŠู’ุฑูŽ ููŠู ู„ูŽุฐูŽู‘ุฉู ุชูŽุนู’ู‚ูุจู ู†ูŽุฏูŽู…ุงู‹
70. Tidak ada baiknya sesuatu keenakan yang diiringi (oleh) penyesalan.
71. ุชูŽู†ู’ุธููŠู’ู…ู ุงู„ุนูŽู…ูŽู„ู ูŠููˆูŽููู‘ุฑู ู†ูุตู’ููŽ ุงู„ูˆูŽู‚ู’ุชู
71. Pengaturan pekerjaan itu menabung sebanyak separohnya waktu.
72. ุฑูุจูŽู‘ ุฃูŽุฎู ู„ูŽู…ู’ ุชูŽู„ูุฏู’ู‡ู ูˆูŽุงู„ูุฏูŽุฉูŒ
72. Berapa banyak saudara yang tidak dilahirkan oleh satu ibu.
73. ุฏูŽุงูˆููˆู’ุง ุงู„ุบูŽุถูŽุจูŽ ุจูุงู„ุตูู‘ู…ู’ุชู
73. Obatilah kemarahan itu dengan diam
74. ุงู„ูƒูŽู„ุงูŽู…ู ูŠูŽู†ู’ููุฐู ู…ูŽุงู„ุงูŽ ุชูŽู†ู’ููุฐูู‡ู ุงู„ุฅูุจูŽุฑู
74. Perkataan itu dapat menembus apa yang tidak bisa ditembus oleh jarum.
75. ู„ูŽูŠู’ุณูŽ ูƒูู„ูู‘ ู…ูŽุง ูŠูŽู„ู’ู…ูŽุนู ุฐูŽู‡ูŽุจุงู‹
75. Bukan setiap yang mengkilat itu emas.
76. ุณููŠู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู…ูŽุฑู’ุกู ุชูู†ู’ุจูุฆู ุนูŽู†ู’ ุณูŽุฑููŠู’ุฑูŽุชูู‡ู
76. Gerak-gerik seseorang itu menunjukkan rahasianya.
77. ู‚ููŠู’ู…ูุฉู ุงู„ู…ูŽุฑู’ุกู ุจูู‚ูŽุฏู’ุฑู ู…ูŽุง ูŠูุญู’ุณูู†ูู‡ู
77. Harga seseorang itu sebesar (sama nilainya) kebaikan yang telah diperbuatnya.
78. ุตูŽุฏููŠู’ู‚ููƒูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุจู’ูƒูŽุงูƒูŽ ู„ุงูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุถู’ุญูŽูƒูŽูƒูŽ
78. Temannmu ialah orang yang menangiskanmu (membuatmu menangis) bukan orang yang membuatmu tertawa.
79. ุนูŽุซู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู‚ูŽุฏูŽู…ู ุฃูŽุณู’ู„ูŽู…ู ู…ูู†ู’ ุนูŽุซู’ุฑูŽุฉู ุงู„ู„ูู‘ุณูŽุงู†ู
79. Tergelincirnya kaki itu lebih selamat daripada tergelincirnya lidah.
80. ุฎูŽูŠู’ุฑู ุงู„ูƒูŽู„ุงูŽู…ู ู…ูŽุง ู‚ูŽู„ูŽู‘ ูˆูŽุฏูŽู„ูŽู‘
80. Sebaik-baik perkataan itu ialah yang sedikit dan memberi penjelasannya/jelas.
81. ูƒูู„ูู‘ ุดูŽูŠู’ุฆู ุฅูุฐูŽุง ูƒูŽุซูุฑูŽ ุฑูŽุฎูุตูŽ ุฅูู„ุงูŽู‘ ุงู„ุฃูŽุฏูŽุจูŽ
81. Segala sesuatu apabila banyak menjadi murah, kecuali budi pekerti.
82. ุฃูŽูˆูŽู‘ู„ู ุงู„ุบูŽุถูŽุจู ุฌูู†ููˆู’ู†ูŒ ูˆูŽุขุฎูุฑูู‡ู ู†ูŽุฏูŽู…ูŒ
82. Permulaan marah itu adalah kegilaan dan akhirnya adalah penyesalan.
83. ุงู„ุนูŽุจู’ุฏู ูŠูุถู’ุฑูŽุจู ุจูุงู„ุนูŽุตูŽุง ูˆูŽุงู„ุญูุฑูู‘ ุชูŽูƒู’ูููŠู’ู‡ู ุจูุงู„ุฅูุดูŽุงุฑูŽุฉู
83. Hamba sahaya itu harus dipukul dengan tongkat, dan orang yang merdeka (bukan budak) cukuplah dengan isyarat.
84. ุงูู†ู’ุธูุฑู’ ู…ูŽุง ู‚ูŽุงู„ูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ุชูŽู†ู’ุธูุฑู’ ู…ูŽู†ู’ ู‚ูŽุงู„ูŽ
84. Perhatikanlah apa-apa yang dikatakan (diucapkan) dan janganlah meperhatikan siapa yang mengatakan.
85. ุงู„ุญูŽุณููˆู’ุฏู ู„ุงูŽ ูŠูŽุณููˆู’ุฏู
85. Orang yang pendengki itu tidak akan menjadi mulia.
86. ุงู„ุฃูŽุนู’ู…ูŽุงู„ู ุจูุฎูŽูˆูŽุงุชูู…ูู‡ูŽุง
86. Tiap-tiap pekerjaan itu dengan penyelesaiannya.
87. ุฅูู„ู‡ููŠ ู„ูŽุณู’ุชู ู„ูู„ู’ููุฑู’ุฏูŽูˆู’ุณู ุฃูŽู‡ู’ู„ุงู‹ # ูˆูŽู„ุงูŽ ุฃูŽู‚ู’ูˆูŽู‰ ุนูŽู„ู‰ูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุงุฑู ุงู„ุฌูŽุญููŠู’ู…ู
Wahai Tuhanku ! Aku bukanlah ahli surga, tapi aku tidak kuat dalam neraka.
88. ููŽู‡ูŽุจู’ ู„ูŠู ุชูŽูˆู’ุจูŽุฉู‹ ูˆูŽุงุบู’ููุฑู’ ุฐูู†ููˆู’ุจูŠู # ููŽุฅูู†ูŽู‘ูƒูŽ ุบูŽุงูู’ุฑู ุงู„ุฐูŽู‘ู†ู’ุจู ุงู„ุนูŽุธููŠู’ู…ู
Maka berilah aku taubat (ampunan) dan ampunilah dosaku, sesungguhnya engkau Maha Pengampun dosa yang besar.
89. ุฐูู†ููˆู’ุจูŠู ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽุนู’ุฏูŽุงุฏู ุงู„ุฑูู‘ู…ูŽุงู„ู # ููŽู‡ูŽุจู’ ู„ูŠู ุชูŽูˆู’ุจูŽุฉู‹ ูŠูŽุงุฐุงูŽุงู„ุฌูŽู„ุงูŽู„ู
Dosaku bagaikan bilangan pasir, maka berilah aku taubat wahai Tuhanku yang memiliki keagungan.
90. ูˆูŽุนูู…ู’ุฑููŠ ู†ูŽุงู‚ูุตูŒ ููŠู ูƒูู„ูู‘ ูŠูŽูˆู’ู…ู # ูˆูŽุฐูŽู†ู’ุจูŠู ุฒูŽุฆูุฏูŒ ูƒูŽูŠู’ููŽ ุงุญู’ุชูู…ูŽุงู„ู
Umurku ini setiap hari berkurang, sedang dosaku selalu bertambah, bagaimana aku menanggungnya.
91. ุฅูู„ู‡ููŠ ุนูŽุจู’ุฏููƒูŽ ุงู„ุนูŽุงุตููŠ ุฃูŽุชูŽุงูƒูŽ # ู…ูู‚ูุฑู‹ู‘ุง ุจูุงู„ุฐูู‘ู†ููˆู’ุจู ูˆูŽู‚ูŽุฏู’ ุฏูŽุนูŽุงูƒูŽ
Wahai, Tuhanku ! Hamba Mu yang berbuat dosa telah datang kepada Mu dengan mengakui segala dosa, dan telah memohon kepada Mu.
92. ููŽุฅูู†ู’ ุชูŽุบู’ููุฑู’ ููŽุฃูŽู†ู’ุชูŽ ู„ูุฐูŽุง ุฃูŽู‡ู’ู„ูŒ # ููŽุฅูู†ู’ ุชูŽุทู’ุฑูุฏู’ ููŽู…ูŽู†ู’ ู†ูŽุฑู’ุฌููˆ ุณููˆูŽุงูƒูŽ
Maka jika engkau mengampuni, maka Engkaulah ahli pengampun.
Jika Engkau menolak, kepada siapakah lagi aku mengharap selain kepada Engkau?

http://fatahudinelnourry.wordpress.com/

Belajar Tajwid


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Agaan…. Agaanatunn..! gimana kabarnya semua?
mudah-mudahan selalu dirahmati Allah.
pada kesempatan kali ini, ane mau post tentang tajwid.
seperti yang ane tau,.. kalo tajwid itu ….
“ุนู„ู… ู„ู…ุนุฑูุฉ ู‚ูˆุงุนุฏ ุงู„ุซุงุจุชุฉ ููŠ ู‚ุฑุงุกุฉ ุงู„ู‚ุฑุขู† ุงู„ูƒุฑูŠู…”
(ilmu yang membahas tentang tata cara membaca al-qur’an al-karim)

Pengertian Tajwid menurut bahasa (ethimologi) adalah: memperindah sesuatu.
Sedangkan menurut istilah, Ilmu Tajwid adalah pengetahuan tentang kaidah serta cara-cara membaca Al-Quran dengan sebaik-baiknya.

Tujuan ilmu tajwid adalah memelihara bacaan Al-Quran dari kesalahan dan perubahan serta memelihara lisan (mulut) dari kesalahan membaca.

Belajar ilmu tajwid itu hukumnya fardlu kifayah, sedang membaca Al-Quran dengan baik (sesuai dengan ilmu tajwid) itu hukumnya Fardlu โ€˜Ain.

Dalil Wajib Mempraktekkan Tajwid Dalam Setiap Pembacaan Al-Qurโ€™an:

  • Dalil dari Al-Qurโ€™an.Firman Allah s.w.t.:

    Artinya:ย Dan bacalah Al-Qurโ€™an itu dengan perlahan/tartil (bertajwid)
    [Q.S. Al-Muzzammil (73): 4].

    Ayat ini jelas menunjukkan bahwa Allah s.w.t. memerintahkan Nabi s.a.w. untuk membaca Al-Qurโ€™an yang diturunkan kepadanya dengan tartil, yaitu memperindah pengucapan setiap huruf-hurufnya (bertajwid).

    Firman Allah s.w.t. yang lain:

    Artinya:ย Dan Kami (Allah) telah bacakan (Al-Qurโ€™an itu) kepada (Muhammad s.a.w.) secara tartil (bertajwid) [Q.S. Al-Furqaan (25): 32].

  • Dalil dari As-Sunnah.Dalam hadits yang diriwayatkan dari Ummu Salamah r.a. (istri Nabi s.a.w.), ketika beliau ditanya tentang bagaiman bacaan dan sholat Rasulullah s.a.w., maka beliau menjawab:

    Artinya:ย “Ketahuilah bahwa Baginda s.a.w. sholat kemudian tidur yang lamanya sama seperti ketika beliau sholat tadi, kemudian Baginda kembali sholat yang lamanya sama seperti ketika beliau tidur tadi, kemudian tidur lagi yang lamanya sama seperti ketika beliau sholat tadi hingga menjelang shubuh. Kemudian dia (Ummu Salamah) mencontohkan cara bacaan Rasulullah s.a.w. dengan menunjukkan (satu) bacaan yang menjelaskan (ucapan) huruf-hurufnya satu persatu.” (Hadits 2847 Jamik At-Tirmizi)

    Dalam hadits yang diriwayatkan dari Abdullah Ibnu โ€˜Amr, Rasulullah s.a.w. bersabda:

    Artinya:ย “Ambillah bacaan Al-Qurโ€™an dari empat orang, yaitu: Abdullah Ibnu Masโ€™ud, Salim, Muโ€™az bin Jabal dan Ubai bin Kaโ€™ad.” (Hadits ke 4615 dari Sahih Al-Bukhari).

    Dalil dari Ijma’ Ulama.

    Telah sepakat para ulama sepanjang zaman sejak dari zaman Rasulullah s.a.w. sampai dengan sekarang dalam menyatakan bahwa membaca Al-Qurโ€™an secara bertajwid adalah suatu yang fardhu dan wajib. Pengarang kitab Nihayah menyatakan: “Sesungguhnya telah ijmaโ€™ (sepakat) semua imam dari kalangan ulama yang dipercaya bahwa tajwid adalah suatu hal yang wajib sejak zaman Nabi s.a.w. sampai dengan sekarang dan tiada seorangpun yang mempertikaikan kewajiban ini.”

    untuk lebih jelasnya silahkan dibuka alamat ini..ย http://www.ilma95.net/tajwid.htm

    nih Gan,,, bukunya..

Dr. Marzuki, M.Ag_. Buku PAI SMP – 8 Al-Quran Bab 1
Pedoman_Daurah_Al-Quran

Riyadhus Shalihin


Assalamu’alaikum

Agan,,,, langsung nih…. ane mau bagi-bagi kitab karya Imam Nawawi yang judulnya Riyadhus Shalihin.

wuiiiih….. pokoknya ajiiib dah nih kitab….. monggoo kalo mau diambil… ๐Ÿ™‚ tafadhol…

Riyadhus Shalihinย adalah nama salah satu kitab kumpulan haditsย dari Nabi Muhammadย yang berarti taman orang-orang shalih yang disusun oleh Imamย Nawawi. Kitab ini telah diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia oleh Salim Bahreisy

Imam_Nawawi-Riyadhus_Salihin1

Imam_Nawawi-Riyadhus_Salihin2